Prodamas Gairahkan  Pembangunan Lokal

KEDIRI KOTA – Sepekan pertama penilaian Prodamas Award berujung di Kelurahan Gayam dan Ngampel, Kecamatan Mojoroto. Kemarin, empat RT yang dinilai tim juri menunjukkan inovasinya. Semua hasil kegiatan prodamas itu tak lepas dari rembuk warga. 

 

“Jadi poin pentingnya ada di rembuk warga,” ujar Redjo Mawardi, Kepala Kelurahan Gayam, Kecamatan Mojoroto, ketika bertemu tim juri di kantornya.

Dahulu sebelum ada prodamas, ia mengungkapkan, sebagian masyarakat Gayam tidak mendukung program pembangunan. Bahkan warga pernah menolak ketika ada rencana pembangunan lembaga pendidikan. Setelah ditelusuri, ternyata hal itu tidak dimusyawarahkan terlebih dulu.

“Memang tidak mudah mengubah mindset masyarakat yang dulu cenderung ke pedesaan sehingga progres pembangunan melambat. Tetapi hal ini dapat diselesaikan dengan rembuk warga,” tuturnya.

Makanya prodamas memberikan dampak yang signifikan. Selain tingkat pemerataan pembangunan jauh lebih tinggi, warga hingga tingkat RT pun terberdayakan sangat baik. “Gang-gang kecil yang sebelumnya tidak terjamah, kini sudah berbenah. Dipaving, bersih, ada penerangannya,” terang Redjo.

1
2
3

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar