Dana Prodamas pun  Dimanfaatkan untuk  Beli Mesin Filter Air

KEDIRI KOTA– Apa yang dilakukan RT 6/RW 3 Kelurahan Manisrenggo dalam memanfaatkan dana prodamas sedikit berbeda. Mereka berinisiatif untuk pengadaan mesin filter air. Jadinya, selain warga yang diuntungkan karena mendapat suplai air bersih, RT ini juga mendapat keuntungan finansial. Karena warga dari RT lain pun ikut memanfaatkan.

Bagaimana ide itu muncul? Menurut Ketua RT Fahmi Findiarto, selama ini banyak warga yang merasa terbebani dengan harga air minum dalam kemasan (AMDK) yang mencapai Rp 15 ribu per kemasannya.

Setelah memiliki filter air, masyarakat bisa mendapatkan air bersih lebih terjangkau. Tak hanya warga RT 6, dari RT lain lain pun ikut menggunakan. Kompensasinya, mereka mengisi dana sukarela ke kotak amal musala.

Hasilnya? Fahmi menyebut, uang yang masuk digunakan untuk membeli pulsa listrik musala. Pasalnya, banyak kegiatan di musala bercat hijau tersebut. Sehingga konsumsi listrik cukup tinggi. “Dari kotak amal inilah sumber dana pembiayaan kegiatan musala,” tambah pria yang kemarin didampingi Lurah Manisrenggo Bambang Supriyanto.

Menurut Fahmi sejauh ini usulan masyarakat dalam prodamas tidak ada yang sampai direvisi. Usulan yang disampaikan sudah sesuai dengan aturan, yakni Perwali No 2/2016 tentang prodamas. Tidak hanya itu, usulan-usulan juga sudah direncanakan sejak setahun sebelumnya.

“Kami ada rembuk warga sebulan sekali. Biasanya digabung dengan arisan,” urai pria yang membawahi sekitar 43 Kepala Keluarga (KK) tersebut.

1
2
3
4

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar